KAJIAN SEMIOTIKA DALAM IKLAN SIRUP MARJAN “BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA” DI SUASANA RAMADHAN (STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)
Kata Kunci:
Semiotika, konotasi, denotasi, mitos, iklan sirupAbstrak
Iklan dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu menyebarkan beberapa informasi – informasi penting, dan juga menjadikan sebagai alat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas. Ketika seseorang melihat iklan seperti iklan sirup Marjan maka masyarakat akan berpikir bahwa adanya iklan sirup Marjan maka menandakan bahwa lebaran sudah dekat. Dengan mengandalkan teknologi Computer – Generated Imagery (CGI) atau pembuatan animasi visual dengan software yang mumpuni memperlihatkan perkembangan iklan dari masa ke masa terlebih iklan sirup Marjan. Penelitian ini menggunakan teori Roland Barthes sebagai teori dasar dari penelitian ini dikarenakan, teori Roland Barthes merupakan teori yang lebih kritis daripada teori semiotika lainnya dan juga sangat mendukung dengan cerita dari iklan sirup Marjan “Baruna sang penjaga samudera”. Dimana teori Roland Barthes, berkaitan dengan denotasi, konotasi dan mitos. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif semiotika. Sehingga peneliti mampu mendapatkan data secara mendalam dan terinci. Dalam penelitian ini, makna denotasi pada iklan sirup marjan ini terletak pada sebuah situasi yang menunjukan keadaan sebenarnya, makna konotasi merupakan makna kiasan seperti pada adegan yang ditampilkan seperti membuang sampah dapat mendatangkan sesosok naga yang dapat meratakan seluruh isi desa, dan sebuah mitos dimana Baruna merupakan manifestasi Brahman yang memiliki gelar sebagai dewa air, dan penguasa lautan serta samudera.
Referensi
Ahmann, E., Tuttle, L. J., Saviet, M., & Wright, S. D. (2018). “A descriptive review of ADHD coaching research: Implications for college students”. Journal of Postsecondary Education and Disability, 31(1), 17–39. https://www.ahead.org/professionalresources/publications/jped/archived-jped/jped-volume-31
Duis, J. M. (2008). “Acid/base chemistry and related organic chemistry conceptions of undergraduate organic chemistry students”. (Publication No. 3348786) [Doctoral dissertation, University of Northern Colorado]. ProQuest Dissertations and Theses Global.
McCauley, S. M., & Christiansen, M. H. (2019). “Language learning as language use: A cross-linguistic model of child language development”. Psychological Review, 126(1), 1–51. https://doi.org/10.1037/rev0000126
Peterzell, J. (1990, April). “Better late than never”. Time, 135(17), 20–21.
Price, D. (2018, March 23). “Laziness Does Not Exist”. Medium. https://humanparts.medium.com/laziness-does-not-exist-3af27e312d01
Schultz, S. (2005, December). “Calls made to Strengthen State Energy Policies”. The Country Today, 1A, 2A
Stoneman, R. (2008). Alexander the Great: A Life in Legend. Yale University Press.