ANALISIS POLA KOMUNIKASI KELOMPOK SQUAD HUNTER GLORY DALAM GAME PUBG MOBILE

Penulis

  • Yessu Chrismo Situmeang Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Tri Adi Sarwoko Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Serepina Tiur Maida Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular

Kata Kunci:

Pola Komunikasi, Hunter Glory, PUBG Mobile, Game

Abstrak

Perkembangan teknologi mendorong bangkitnya industri kreatif berbasis teknologi komunikasi dan informasi, salah satunya adalah game online yang bergenre battle royale, PlayerUnknown's Battleground (PUBG) yang pada saat ini popular dimainkan di smartphone. Untuk memenangkan game tersebut dibutuhkan strategi yang tepat. Di dalam penelitian ini peneliti melakukan penelitian mengenai pola komunikasi yang terjadi di dalam sebuah kelompok, tepatnya pada kelompok pemain game PUBG Mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi kelompok yang digunakan dalam permainan dari anggota – anggota squad Hunter Glory. Teori yang digunakan adalah teori pola komunikasi spiral dan linear. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi serta studi kepustakaan. Hasil yang di dapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua pola komunikasi berbeda yang kelompok narasumber yaitu squad Hunter Glory lakukan, yakni pola komunikasi spiral dan pola komunikasi linear. Dapat dikatakan pola komunikasi spiral karena pesan informasi berasal dari semua masukan/pendapat semua anggota Squad Hunter Glory, sedangkan pola komunikasi linear karena pesan informasi/arahan berasal dari satu atau dua orang saja. Kedua pola komunikasi tersebut kelompok narasumber gunakan pada dua Fase dalam game PUBG Mobile yaitu saat Fase-spawn island (titik awal berkumpul) dan Fase In-Game (permainan berlangsung).

Referensi

Daryanto & Muljo Rahardjo. (2016). Teori Komunikasi (D. A (ed.); Cetakan 1). GAVA MEDIA.

Dasrun Hidayat. (2012). Komunikasi Antar Pribadi dan Medianya (cetakan pe). Graha Ilmu.

Deddy Mulyana. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Cetakan 19).

Fauzi, A. (2019). Pengaruh Game Online Pubg (Player Unknown’s Battle Ground) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. ScienceEdu, II(1), 61.

Ferry Budi Saputra. (2022). PUBG Mobile Raih Peringkat Pertama Game Mobile Terpopuler 2020.

Gani, A. G. (2014). Pengenalan Teknologi Internet Serta Dampaknya. Jurnal Sistem Informasi Universitas Suryadarma, 2

Huateng, M. (2022). PUBG Mobile.

Jalauddin Rakhmat. (2012). Psikologi Komunikasi (Tjun Surjaman (ed.); Cetakan ke). Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2016). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer (cetakan ke). Pt. Raja Grafindo.

Soenarno, A. (2012). Learning Process Games untuk Pelatihan Manajemen. CV Andi Offset.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suryadi, E. (2014). Model Komunikasi Efektif bagi Perkembangan Kemampuan

Berpikir Kreatif Anak. 4, 263–279. Becker, F. G. (2015). Pola Komunikasi yang terbentuk pada Anggota Kelompok Gamers dalam permainan Game Online PUBG Mobile Tarakan via WhatsApp. Syria Studies.

Unduhan

Diterbitkan

2022-11-18

Cara Mengutip

Situmeang, Y. C., Sarwoko, T. A., & Maida , S. T. (2022). ANALISIS POLA KOMUNIKASI KELOMPOK SQUAD HUNTER GLORY DALAM GAME PUBG MOBILE. MADHANGI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(01). Diambil dari https://ojsfikom.mputantular.ac.id/index.php/fikom/article/view/8

Terbitan

Bagian

Artikel