ANALISIS KEGIATAN EMPLOYEE RELATIONS DALAM MENDORONG LOYALITAS KARYAWAN YAYASAN HARAPAN GLOBAL MANDIRI

Authors

  • Novia Duwi Listiani Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Selvi Sofiawati Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Sitinah Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular

Keywords:

Komunikasi, Public Relations, Employee Relations, Loyalitas

Abstract

Dalam perusahaan naik turunnya kinerja karyawan adalah sebuah tantangan tersendiri bagi manajemen perusahaan bagaimana cara agar tetap mempertahankan rasa loyalitas para karyawan. Semua organisasi tentu mengalami proses dinamika internal yang berbeda beda. Sejalan dengan tantangan, hambatan, peluang dan kekuatan yang dihadapi serta dimilikinya. Public Relations adalah divisi yang menjaga citra dan relasi sebuah perusahaan. Tidak hanya eksternal namun internal. Dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program yang dijalankan Public Relations tentang bagaimana kegiatan Employee Relations di Yayasan Harapan Global Mandiri berjalan dalam mendorong loyalitas karyawan. Menggunakan teori konsep Employee Relations Framework Blyton dan Turnbull. Metode analisis yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dan paradigma post positivism. Pengumpulan data menggunakan data primer observasi dan wawancara mendalam dengan narasumber dan data sekunder berupa riset terdahulu dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan Employee Relations di Yayasan Harapan Global Mandiri seperti Energizing Time, Employee Appreciation, Assembly of Employee, dan Outing dapat membangun relasi antar karyawan dan terbukti mendorong loyalitas karyawan pada perusahaan. Hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara dengan narasumber.

References

Agatha. (2021). Strategi Employee Relations Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan Milenial Di Masa Pandemi (Studi Kasus Program Internal Engagement Shopee Indonesia. Universitas Multimedia Nusantara, 21.

Andika, R. (2020). Strategi Employee Relations dalam Meningkatkan Loyalitas Karyawan Generasi Milenial. 39–51.

Blyton, P., & Turnbull, P. (2004). The dynamics of employee relations Third edition (3rd ed.). Palgrave Macmillan.

Cangara Hafied. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. PT RajaGrafindo Persada.

Cristinawati, V. (2021). Analisis Loyalitas, Attitude, Motivasi Kerja Berpengaruh Terhadap Kinerja Karyawan. STIE Malangkucecwara., 6–37.

Fajar, A. (2011). Sistem Kendali dan Strategi Penanganan (Manajemen) Krisis Dalam Kajian Public Relations. Jurnal ASPIKOM, 1(3), 279. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i3.25

Lukitasari, M. W. (2019). Implementasi Komunikasi Pemasaran Perusahaan Jasa Travel Pada Wisatawan Mancanegara (Studi Pada Agen Travel Ourtrip1st Di Kota Malang). Universitas Muhammadiyah Malang, 34–43.

Maheldi, A. S. (2016). Program Employee Relations dalam Memotivasi Karyawan pada Pingu’s English School Pekanbaru. Jom Fisip, Vol. 3(2), 16.

Mardiasari, F. (2018). Aktivitas Internal Public Relation dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan Pada PT. Antar Surya Media. Universitas Bhayangkara, 1–81.

Muhammad, K. (2015). Strategi bersaing dalam meningkatkan jumlah pelanggan. 33–40.

R. Wayne pace, D. F. P. (2013). Komunikasi Organisasi (D. Mulyana (ed.); 8th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Rafendy, T. (2019). Aktivitas Komunikasi Internal PT Selecta Dalam Membina Hubungan Harmonis Dengan Publik Internal (Studi Pada Pt Selecta Wisata, Kota Batu, Jawa Timur). University Muhammadiyah Malang., 8–33.

Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi (Ed. rev). RajaGrafindo Persada.

Septia, A. M. (2016). Program Employee Relations dalam Memotivasi Karyawan pada Pingu’s English School Pekanbaru. 3(2), 1–16.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. IKAPI.

Wayuningsih, T. (2014). Peran Komunikasi Interpersonal Kyai Dalam Peningkatan Pemahaman Agama Santri di Pondok Pesantren Al-Inayah Kec. Tempuran kab. Magelang. 1, 1–67.

Published

2022-11-18

How to Cite

Listiani, N. D., Sofiawati, S., & Sitinah. (2022). ANALISIS KEGIATAN EMPLOYEE RELATIONS DALAM MENDORONG LOYALITAS KARYAWAN YAYASAN HARAPAN GLOBAL MANDIRI. FIKOM, 1(01). Retrieved from https://ojsfikom.mputantular.ac.id/index.php/fikom/article/view/10