STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOFT-SELLING PT ANTAVAYA TRAVEL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Mochamad Faizal Zain Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA)
  • Farida Hariyati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA)
  • Yulia Rahmawati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA)

Keywords:

Antavaya, instagram, komunikasi pemasaran, soft-selling

Abstract

Salah satu tren strategi komunikasi pemasaran saat ini adalah penggunaan pendekatan soft-selling saat memasarkan suatu produk, termasuk produk wisata yang dilakukan oleh PT Antavaya Travel melalui akun Instagram @Antavaya_id. Strategi ini merupakan strategi pemasaran alternatif yang cukup efektif karena menggunakan pesan yang bersifat tidak langsung sehingga mudah memahami pesan yang disampaikan dan dengan kekautan media sosial seperti Instagram dapat menyampaikan pesan secara cepat dengan jangkauan luas menembus pasar. Fitur yang ada di Instagram dengan akun @Antavaya_id yang dapat digunakan untuk mempromosikan konten soft-selling berupa destinasi wisata. Penelitian ini berfokus pada pemanfaatan akun Instagram dalam strategi softselling yang dilakukan oleh PT. Antavaya Travel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam disertai analisis isi pada akun Instagram @Antavaya_id. Hasil penelitian ditemukan bahwa strategi soft selling dalam komunikasi pemasaran Antavaya Travel yang diterapkan dalam konten Instagram @Antavaya_id berupa konten soft-selling yang beragam bentuknya mulai dari kampanye narasi, foto dan vidio destinasi wisata Travelling hingga destinasi wisata hari-hari besar yang membantu para pengguna akun Instagram @Antavaya_id dalam memilih destinasi.

References

Adi, S. A. (2010). Mengenal Berbagai Karya Sastra. Adi Aksara Abadi Indonesia.

Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Cangara, H. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Rajawali Pers.

Denzin NK, Lincoln YS. (2011). The sage Handbook of Qualitative Research 1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fajar, M. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Graha Ilmu.

Gassing, S. S. (2016). Public Realtions. Andi Offset.

Kotler. (2009). Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanan dan Pengendalian (ke-5). Erlangga.

Kriyantono, R. (2008). Riset Praktis Teknik Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Nisrina, M. (2015). Bisnis Online Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang. Kobis.

Rismawati, N. (2021). Komunikasi Organisasi. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG. http://digilib.uinsgd.ac.id/40787/1/KOMUNIKASI ORGANISASI CETAK.pdf

Soyomukti, N. (2010). Pengantar Sosiologi. Ar-Ruzz Media.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. PT. Gramedia Widasarana Indonesia.

Published

2023-07-29

How to Cite

Zain, M. F., Hariyati, F., & Rahmawati, Y. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOFT-SELLING PT ANTAVAYA TRAVEL MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. FIKOM, 2(01). Retrieved from https://ojsfikom.mputantular.ac.id/index.php/fikom/article/view/13

Issue

Section

Artikel