ANALISIS PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA KEPADA PELANGGAN TOKO BUKU GRAMEDIA MALL KELAPA GADING

Authors

  • Chintya Samantha Rukmaya Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Sitinah Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Serepina Tiur Maida Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular

Keywords:

pelanggan, pelayanan prima, public relations

Abstract

Sudah menjadi suatu keharusan bagi seorang PR untuk dapat berkomunikasi dan berhubungan baik dengan beberapa pihak, baik eksternal maupun internal, dalam berbagai bidang. Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang ada, tentu saja perusahaan atau organisasi perlu memberikan pelayanan prima (excellent service) bagi para konsumennya. Toko Buku Gramedia merupakan salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan prima sejak lama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis fungsi seorang Public Relations Toko Buku Gramedia Mall Kelapa Gading dalam meningkatkan pelayanan prima kepada para pelanggannya. Penelitian ini menggunakan teori PR yang dikemukakan oleh Frank Jefkins dan menerapkan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini berfokus kepada pelayanan prima yang dilakukan Toko Buku Gramedia Mall Kelapa Gading kepada pelanggannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Toko Buku Gramedia Mall Kelapa Gading sudah menerapkan pelayanan prima dan masih terus meningkatkan kualitas pelayanannya dengan menerapkan komunikasi terencana, baik internal maupun eksternal, dan berfokus kepada berbagai jenis pelayanan prima, yaitu: Layanan Utama (Core Service), Layanan Fasilitasi (Facilitating Service), dan Layanan Pendukung (Support Service).

References

Azizah, L. N. (2021). Pendiri Gramedia dan Sejarah Kesuksesannya. Gramedia.Com. https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-gramedia/

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.

Frimayasa, A. (2017). Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurahan Makasar, Jakarta Timur. XVII(2), 179–188.

Handayani, A. (2021). Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Pembetukan Peraturuan Desa Tahun 2020. Skripsi, 7(2), 107–115.

Haryono, B. (2016). How To Win Customer Through Customer Service With Heart. Andi Offsett.

Hidayat, A., Herawati, N., & Batu, Y. G. L. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT POS Indonesia (Persero) Cibinong. 6(November), 1–14.

Irawan, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Di Makassar. Skripsi.

Jefkins, F. (2004). Public Relations. Erlangga.

Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2018). Efektifitas Program Employee Relations Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT Adira Dinamika Multifinance. Cakrawala, 18(2), 179–184. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawalahttps://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Morissan, M. A. (2008). Manajemen Public Relation : Strategi menjadi Humas Profesional. Kencana.

Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Rosady Ruslan, SH, M. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Rajagrafindo Persada.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konspirasi dan Aplikasi. Rajagrafindo Persada.

Sari, A. N. (2015). Pelaksanaan Pelayanan Prima Di Kantor Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Skripsi, 1–147.

Sinduwiatmo, K. (2018). Manajement Public Relations (S. B. Sartika (ed.)). UMSIDA Press.

Wahyuningsih, T., Syahrani, H., & Paselle, E. (2020). Pelayanan Prima Pada Dinas Perpustakaan Kota Samarinda. EJournal Administrasi Publik, 8(1), 8776–8785. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/02/EJOURNAL B (02-20-20-04-42-22).pdf

Azizah, L. N. (2021). Pendiri Gramedia dan Sejarah Kesuksesannya. Gramedia.Com. https://www.gramedia.com/literasi/pendiri-gramedia/

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.

Frimayasa, A. (2017). Penerapan Pelayanan Prima Untuk Memenuhi Harapan Masyarakat Terhadap Layanan Publik Pada Kelurahan Makasar, Jakarta Timur. XVII(2), 179–188.

Handayani, A. (2021). Peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Dalam Pembetukan Peraturuan Desa Tahun 2020. Skripsi, 7(2), 107–115.

Haryono, B. (2016). How To Win Customer Through Customer Service With Heart. Andi Offsett.

Hidayat, A., Herawati, N., & Batu, Y. G. L. (2021). Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT POS Indonesia (Persero) Cibinong. 6(November), 1–14.

Irawan, A. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk Di Makassar. Skripsi.

Jefkins, F. (2004). Public Relations. Erlangga.

Kussanti, D. P., & Leliana, I. (2018). Efektifitas Program Employee Relations Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT Adira Dinamika Multifinance. Cakrawala, 18(2), 179–184. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawalahttps://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Morissan, M. A. (2008). Manajemen Public Relation : Strategi menjadi Humas Profesional. Kencana.

Mulyana, D. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Rosady Ruslan, SH, M. (2008). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Rajagrafindo Persada.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konspirasi dan Aplikasi. Rajagrafindo Persada.

Sari, A. N. (2015). Pelaksanaan Pelayanan Prima Di Kantor Dinas Perizinan Kota Yogyakarta. Skripsi, 1–147.

Sinduwiatmo, K. (2018). Manajement Public Relations (S. B. Sartika (ed.)). UMSIDA Press.

Wahyuningsih, T., Syahrani, H., & Paselle, E. (2020). Pelayanan Prima Pada Dinas Perpustakaan Kota Samarinda. EJournal Administrasi Publik, 8(1), 8776–8785. https://ejournal.ap.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2020/02/EJOURNAL B (02-20-20-04-42-22).pdf

Published

2023-07-29

How to Cite

Rukmaya, C. S., Sitinah, & Maida, S. T. (2023). ANALISIS PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PRIMA KEPADA PELANGGAN TOKO BUKU GRAMEDIA MALL KELAPA GADING. FIKOM, 2(01). Retrieved from https://ojsfikom.mputantular.ac.id/index.php/fikom/article/view/18

Issue

Section

Artikel