EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM @INFOKRW

Penulis

  • Chaerun Nisah Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Tri Adi Sarwoko Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Fitriana Sandi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular

Kata Kunci:

efektivitas komunikasi, instagram, kebutuhan insformasi, media baru, media sosial

Abstrak

Instagram awalnya hanya digunakan untuk berbagi foto dan video, namun kini pengguna dapat menggunakannya untuk berbagi informasi dan berita. @infokrw adalah salah satu akun yang memanfaatkan instagram sebagai penyebaran informasi seputar Kabupaten Karawang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas komunikasi akun instagram @infokrw terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers dan seberapa besar tingkat efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan teori Efektivitas Komunikasi menurut Kelman dan teori Kebutuhan Informasi menurut Guha, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah followers akun instagram @infokrw dengan jumlah 202.000 followers dan jumlah sampel sebanyak 100 responden dengan teknik penarikan data non-probability sampling dan purposive sampling. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi sederhana, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa akun instagram @infokrw efektif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers dan berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukan besarnya variabel efektivitas komunikasi (X) terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers (Y) sebesar 67,3%.

Referensi

Christiani, L., & Musfiyah. (2020). Pemanfaatan Line Today terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro Semarang. Anuva, 4(4).

Fatmawati, E. (2015). Kebutuhan Informasi Pemustaka Dalam Teori Dan Praktek. Info Persada, 13(1), 1–12.

Ghazali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8) (P. P.Harto (ed.); 8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Junika, A. (2016). Efektivitas Akun Twitter @infoPKU Sebagai Media Informasi Online Di Pekanbaru (Vol. 3, Issue 1).

Kevin. (2019). Motif Penggunaan Akun Instagram Medantalk Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi. In Gastronomía ecuatoriana y turismo local.

Kusuma, W. (2022). Komunikasi Efektif. Menurut (Stewart L. Tubbs Dan Sylvia Moss).

Ningsih, H. S. (2012). Kebutuhan Informasi dan Pemenuhan Kebutuhan Akan Informasi: Studi Kasus Remaja Kota. 83.

Nofha Rina, S. N. F. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram @infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.479

Prof. Dr. Hamidi, M. S. (2010). Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. UMM Press.

Purnomo, R. W. (2022). Efektivitas Akun Instagram @Poldajogja Terhadap Pemenuhan Informasi Kegiatan Kepolisian Kepada Followers (Studi Kuantitatif Efektivitas Akun Instagram @Poldajogja Terhadap Pemenuhan Informasi Kegiatan Kepolisian Kepada Followers Tahun 2021).

Riyanto, A. D. (2022). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Roni, M. & R. N. (2021). Efektivitas Akun Instagram@ bukittinggiku Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi. EProceedings of Management, 8(3).

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).

Situmeang, I. V. (2020). Media Konvensional dan Media Online. In Media Konvensional dan Media Online. Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue Desember).

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Nisah, C., Sarwoko, T. A., & Sandi, F. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS PADA AKUN INSTAGRAM @INFOKRW. MADHANGI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(01). Diambil dari https://ojsfikom.mputantular.ac.id/index.php/fikom/article/view/14

Terbitan

Bagian

Artikel