PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATERAI ENERGIZER

Penulis

  • Wulan Sari Budi Lestari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Ratih Kurnia Hidayati Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular
  • Selvi Sofiawati Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Mpu Tantular

Kata Kunci:

bauran pemasaran, keputusan pembelian, pengunjung, produk, sales promotion

Abstrak

Istilah “Sales Promotion” digunakan untuk menarik minat seseorang untuk membeli suatu produk, atau yang disebut promosi penjualan. Menurut Kotler dan Keller (2016:622) Sales Promotion atau promosi penjualan adalah kunci utama dalam kampanye pemasaran untuk merangsang pembelian produk dengan lebih cepat agar menarik minat konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori bauran pemasaran, Menurut Peter dan Olson (2014:111) promotion mix atau (bauran pemasaran) adalah perpaduan khusus antara iklan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), hubungan masyarakat (public relations), untuk mencapai tujuan dalam pemasarannya. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sales promotion terhadap keputusan pembelian produk baterai energizer di Lottemart Green Pramuka. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Kuantitatif Deskriptif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah pengunjung Lottemart Green Pramuka Square dan menggunakan teknik probility sampling. Teknik pengumpulan data dengan dengan menyebarkan kuesioner pada responden. Untuk membuktikan dan menganalisis penelitian ini , maka digunakan uji validitas dan realibilitas, uji normalitas, uji korelasi, uji regresi sederhana, serta uji f (simultan) dan uji f t (parsial). Dalam penelitian ini menggunakan pengujian regresi linear sederhana dengan koefiensi determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa variabel sales promotion sebesar 91,1% berpengaruh signifikan terhadap variabel terikatnya (keputusan pembelian), sedangkan sisanya 9,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Referensi

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2001). Perilaku Konsumen Jilid Jakarta: Binarupa Aksara.

Ferdinand, A. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2001). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing. Harlow: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Levy, M., Weitz, B. A., & Grewal, D. (2015). Retailing Management (9th ed.). New York: McGraw-Hill.

Machfoedz, M. (2005). Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta: Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (9th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2005). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-29

Cara Mengutip

Lestari, W. S. B., Hidayati, R. K., & Sofiawati, S. (2023). PENGARUH SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATERAI ENERGIZER. MADHANGI: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(01). Diambil dari https://ojsfikom.mputantular.ac.id/index.php/fikom/article/view/17

Terbitan

Bagian

Artikel