PENGARUH TERPAAN TAYANGAN DRAMA KOREA TERHADAP PERILAKU IMITASI REMAJA KELURAHAN CEMPAKA BARU DI JAKARTA PUSAT
Kata Kunci:
Terpaan, Drama Korea, Imitasi, Remaja, Belajar SosialAbstrak
Istilah "drama Korea" digunakan untuk menggambarkan genre drama televisi Korea, yang biasanya disebut sebagai miniseri. Drama hari ini dapat dilihat di layar televisi, melalui aplikasi mediMa seperti Netflix dan Viu, dan melalui situs web seperti DramaQu, seiring dengan kemajuan kemampuan manusia. Sejak itu, mereka menyebar seperti api ke seluruh wilayah, menginspirasi fenomena "gelombang Korea" yang menyebar seperti api di seluruh benua, khususnya di Indonesia, di mana drama Korea menjadi sangat populer di kalangan remaja Indonesia. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana remaja di Desa Cempaka Baru Jakarta telah dipengaruhi oleh terpaan mereka terhadap drama Korea. Didalam teori belajar sosial menurut Bandura adalah orang belajar dari yang lain, melalui observasi, peniruan, dan permodelan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode yang digunakan adalah kausal, populasi subjek penelitian 120 orang dengan menggunakan sampel rumus slovin menjadi 55 responden dengan Simple Random Sampling. Data dari kuesioner (skala Likert), dan data uji T-test menggunakan Software SPSS 26.0 for windows release. Peneliti menggunakan pengujian regresi sederhana dan pengujian hipotesis dengan koefisien determinasi untuk analisis data (R2). Berdasarkan hasil penelitian, 51,8% variabel remaja di desa Cempaka Baru meniru drama Korea, sedangkan sisanya 48,2% dipengaruhi oleh variabel Terpaan Tayangan Drama Korea.
Referensi
Ardianto. (2014). TERPAAN MEDIA.
Bandura, A. (1986). Social Foundations of Though and Action. New Jersey: Prantice Hall.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Ghozali, I. (2018). Desain Penelitian Kuantitatif & Kualitatif.
Hergenhahn, B. R., & Matthew, H. O. (2010). Theories of Learning: Teori Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Kurniawan, A. (2016). Kisah Legendaris Oshin Kembali Tayang di Indonesia. Tabloidbintang.Com.
Morissan. (2013). Teori Komunikasi Massa Individu Hingga Massa.
Salam, I., Perbawasari, S., & Komariah, K. (2012). Hubungan Antara Terpaan Drama Korea Di Televisi Dengan Gaya Hidup Penonton. Students E-Journal, 1(1), 1–16.
Song, C. (2016). Korean Culture and Information Service.
Sugiyono. (2015). metode penelitian kuantitatif.
Suryabrata, S. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Wiki Asia. (2013). Daftar dan Jadwal Drama Korea B Channel Terbaru. Wiki Asia.