PENGARUH STRATEGI PUBLIC RELATIONS PEMPROV DKI JAKARTA DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI JAKI TERHADAP KEBERHASILAN LAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN CEMPAKA BARU JAKARTA PUSAT
Kata Kunci:
Public Relations, Strategi PR, Aplikasi JAKI, Layanan Publik, Pemerintah Provinsi DKI JakartaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi Public Relations Pemprov DKI Jakarta dalam mensosialisasikan aplikasi JAKI terhadap keberhasilan layanan publik di Kelurahan Cempaka Baru Jakarta Pusat. Strategi Public Relations diukur menggunakan tujuh variabel menurut Broom, yaitu Kredibilitas (X1), Konteks (X2), Konten (X3), Kejelasan (X4), Kontinuitas dan Konsistensi (X5), Saluran (X6), dan Kapasitas Khalayak (X7), sedangkan keberhasilan layanan publik diukur melalui kepuasan, efisiensi dan partisipasi warga. Metode penelitian yang dipergunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling. Data dihimpun dengan kuesioner dan dianalisis mempergunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Uji F, uji secara bersamaan di mana Strategi_Public_Relation (Sig 0.000b < 0.05), dengan nilai R2 0,469, atau persamaan ini dapat menjelaskan bahwa Strategi_Public_Relation dengan kKetujuh subvariabelnya secara bersama-sama dapat menjelaskan pengaruh sebesar 46,9% terhadap Keberhasilan_Layanan_JAKI. Sedangkan sisanya dengan jumlah 53,1% terpengaruhi oleh faktor dan variable lain yang tidak diamati pada penelitian ini. Namun untuk Uji t, atau uji secara parsial maka hanya terdapat empat (4) subvariabel dari Strategi_Public_Relation yang memiliki pengaruh signifikan terhadap Keberhasilan_Layanan_JAKI. Perihal ini dapat ditinjau dalam tabel dibawah ini yang mana Kredibilitas X1, Konteks X2, Kejelasan X4, dan Kapasitas Khalayak X7 yang memiliki nilaisignifikansi kurang dari 0.05. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi Public Relations dalam konteks pemerintahan daerah dan peningkatan layanan publik berbasis teknologi.
Referensi
Abidin, N. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi (Cetakan Pertama). CV Literasi Nusantara Mandiri.
Ardianto, E. (2016). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations. Simbiosa.
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (3rd ed.). Rajawali Pers.
Broom, G. M., & Sha, B. L. (2013). Cutlip and Center's Effective Public Relations (11th ed.). Pearson.
Cangara, H. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Raja Grafindo
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations (9th ed.). Prentice Hall.
Denhardt, J. V., & Denhardt, R. B. (2007). The New Public Service: Serving, Not Steering. M.E. Sharpe.
Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart and Winston.
Nurjaman, K dan Umam, K. ( 2012). Komunikasi Public Relation. Bandung: Pustaka Setia
Nurjaman, K., & Umam, K. (2013). Komunikasi Dan Public Relation : PanduanUntuk Mahasiswa, Birokrat, Dan Praktisi Bisnis. Pustaka Setia.
Morisan. (2014). Manajemen Public Relations. Prenadamedia Group
Morissan. (2014). Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Prenadamedia Group.
Mukarom, Z., & Laksana, M. W. (2017). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government And Good Governance. Pustaka Setia.
Mukarom, Z. dan Laksana, M. W. (2016). Manajemen Public Relations. Pustaka Setia
Smith, R. D. (2005). Strategic Planning for Public Relations. Lawrence Erlbaum Associates.
Zeithaml, V. A., Parasuraman, A., & Berry, L. L. (1990). Delivering Quality Service: Balancing Customer Perceptions and Expectations. The Free Press.
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Grafindo.
David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management: Concepts And Cases: A Competitive Advantage Approach. Pearson.
Pearce, J., & Robinson, R. (2014). Managemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.
Puspita, N. (2019). “Pengaruh Program Direct Marketing Terhadap Customer Relationship Management Pada Function Room Di Harris Hotel Sentul CityBogor”. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(2), 82–93.
Ruslan, R. (2018). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.
Saladin, D. (2016). Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan Pengendalian. Linda Karya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta.